Friday, March 10, 2006

I Love Firefox (and it's extensions)

Pasti udah kenal dong sama yang namanya Mozilla Firefox? Browser ini emang hebat banget. Kenapa saya bilang hebat? Karena dia itu open source dan free.. heheh.. basi banget gak seh alasannya..

Gak penting banget yah buat kita yang di Indonesia masalah open source dan free atau nggak, wong software yang puluhan ribu dollar aja bisa didapetin dengan selembar duit bergambar Sultan Mahmud Badaruddin II kok.. (hayo duit berapaan itu.. coba buka dulu dompetnya..). Gak percaya? Silakan datang ke depan kampus saya.. banyak sekali software2 murah disini.. hehehe :D


Alasan sebenernya yang bisa bikin saya bilang kalo Firefox itu keren banget adalah firefox extension. Nah ini dia list dari beberapa extensions firefox yang menurut saya keren banget..

  • Adblock, kalo sebel buka website lama gara2 gambar dan iklan2nya yang berat, cukup pake extension ini. Dia bisa memblok semua gambar2 iklan sesuai yang kita perintahkan. Dan gak cuma gambar, semua yang mengganggu macam script, animated gif, bisa dibuang.
  • NoScript, nah kalo yang ini gunanya buat bikin supaya website2 yg ada javascriptnya otomatis mati (bisa ditentuin sendiri website2 mana yang boleh javascript dan gak boleh)
  • FasterFox, kalo kata developernya si fasterfox ini bisa mentweak settingan di firefox supaya bisa ngebut.. wuzz.. wuzz.. wuzz.. Nah berhubung di kampus internetnya lambat banget jadinya lumayan menolong deh si fasterfox ini..
  • SessionSaver, extension ini gunanya buat menyimpan baik secara sementar maupun permanen dari sesi firefox kita. Jadi klo misalkan sekarang lagi ngebuka 10 tabs (tab A, B, C, dst) dan si firefox ditutup. Begitu firefox dimulai extension ini akan nanyain mao resume gak? Klo mao resume langsung deh 10 tabs tadi tebuka lagi. Gara2 make extension ini gmail saya gak pernah saya signout.
  • Scrapbook, nah kalo ini sesuai namanya, fungsinya buat ngesave halaman/page yang lagi diliat secara permanen di komputer. Mirip2 save As seh.. cuma jauh lebih powerful dan fleksibel.
Sebenernya masih banyak extensions2 laen yang lebih populer seperti Flashgot (buat download managernya, tapi saya sudah pakai wget), ForeCastFox, DownThemAll, dll tapi buat saya saat ini extensions2 diatas sudah cukup membantu. Ada yang mau menambahkan kira2 extensions apalagi yang menarik?


Categories: , ,

No comments: